Selasa, 15 Januari 2013

ASAP ROKOK VS ASAP KENDARAAN, MANA YANG LEBIH BERBAHAYA ?



Rokok dan kendaraan sudah tidak asing lagi bagi hidup kita, bahkan  rokok dan kendaraan bertebaran dimana-mana. Apa yang salah dengan rokok dan kendaraan ?
Bukannya bagi kebanyakan masyarakat, utamanya kaum pria rokok adalah hal yang wajar ?
Bukannya kendaraan adalah hal yang berguna bagi semua masyarakat ?
Lalu apa yang salah ?
Salah satu hal negatif yang ada pada rokok dan kendaraan adalah kandungan yang ada dalam asapnya . Asap rokok dan asap kendaraan yang memberikan dampak negatif bagi masyarakat utamanya di bidang kesehatan.
Lalu jika ditanya yang mana lebih berbahaya, antara asap rokok atau asap yang di keluarkan oleh kendaraan?
Tentu saja asap rokok, mengapa demikian ?
Pada asap kendaraan kandungan berbahayanya tidak sampai 10 seperti karbon monoksida , sedangkan berbagai studi menjelaskan bahwa di dalam asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia racun (toksik) dan 43 senyawa penyebab kanker (karsiogenik). Hal ini yang menjelaskan mengapa asap rokok lebih berbahaya dibanding asap kendaraan.
Berbagai bukti ilmiah juga telah menunjukkan bahwa berbagai penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker, jantung, gangguan pada kehamilan, gangguan reproduksi, penyakit saluran sistem pernafasan berhubungan dengan rokok.
Asap rokok yang jika kita tiupkan ke meja akan susah hilang karena bersifat lengket, lalu bagaimana jika asap rokok ini berada dalam paru-paru kita yang semakin lama akan bertambah jumlahnya. Selain itu bau asap rokok yang susah hilang itu di perkirakan karena asap rokok terbuat dari rantai molekul yang panjang, sehinnga membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk di hilangkan. Asap rokok juga mengandung banyak zat yang berbahaya.
Lalu bagaimana dengan perokok pasif dan perokok aktif ?
Keduanya sama-sama terkena dampak negatifnya, tetapi yang lebih memprihatinkan disini yaitu ketika kita berada pada posisi perokok pasif, karena racun yang terkandung pada rokok lebih banyak pada asapnya.
Waw , parah yah ..?
Oleh karena itu mari mengurangi kebiasaan merokok di tempat umum, memang susah untuk menghentikan kebiasaan merokok tapi setidaknya jika anda tidak ingin berhenti merokok biasakanlah untuk TIDAK MEROKOK DI TEMPAT UMUM, karena itu akan merugikan bagi orang lain yang tidak merokok disekitar anda. JIKA ANDA INGIN MERASAKAN NIKMAT, JANGAN BIARKAN ORANG LAIN RUGI :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar