Jumat, 23 Maret 2012

khotbah paskah


Bahan : Lukas 24:1-12
Tema : jangan takut Ia sudah bangkit
Menjelang paskah semua gereja pasti dibukkan dengan banyak persiapan, mulai dari puji-pujian saat paskah tiba, guru sekolah minggu yang sibuk mengadakan lomba untuk anak didiknya.
Sebenarnya apa paskah itu ? apakah paskah hanya seremonial belaka ?
Paskah adalah kemenangan bagi orang percaya  dan seharusnya mejadi kebanggaan setiap orang percaya kepada Yesus Kristus, karena Yesus telah mati untuk kita manusia dan bangkit dari kematianNya itu.
Sungguh hebat dan dahsyatnya Tuhan. Kuasa kebangkitannya didahului oleh tanda-tanda ajaib : terjadi gempa bumi, turunnya malaikan dari langit yang wajahnya bagaikan kilat dengan pakaikan putuh seperti salju yang membuat para para perempuan yang datang ke kubur  Yesus menjadi ketakutan.
Mengapa mereka ketakutan ? padahal mereka adalah pengikut kristus, ini berarti menandakan bahwa mereka tidak sepenuhnya   mempercayai rencana ALLAH. Mereka melupakan apa yang telah dikatakan Yesus saat di Galilea oleh sebab itu malaikan itu menegur mereka (5-6)
Yang dikatakan Yesus di Galilea bahwa Anak manusia yang diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan dan akan bangkit pada hari yang ketiga. Hal ini membuktikan bahwa apa yang di katakan Yesus benar-benar terjadi dan Yesus telah mengalahkan segala musuh khususnya kuasa maut, oleh sebab itu setiap orang percaya tidak perlu takut dan ragu dalam mengiring kristus.
Ketakutan dan berbagai keraguan selalu menghantui kita  manusia, hal itu tidak bisa kita pungkiri. Sejak manusia jatuh kedalam dosa, maka mulai saat itu manusia mengalami ketakutan, takut akan Allah dan sesama dan puncaknya adalah takut akan maut.
Berita kebangkitan yesus adalah kabar baik. Maut telah dipatahkan oleh karna kuasaNya. Ia mati dan bangkit mengalahkan kuasa maut . Kebangkitannya seharusnya menjadi kekuatan rohani kita untuk menghadapi ketakutan akan maut. Dengan demikian kita dapat menyongsong masa depan dengan penuh harapan .
Menuju masa depan tidak berarti melupakan masa kini. Justru dimasa kini itulah yang mentukan bagaimana masa depan, kita dipanggil untuk melakukan apa yang dikehendaki oleh Yesus. Yang dikehendaki oleh Yesus dari kita ialah hidup kita yang selalu berpegang padanya dan menuruti segala perintahnya.
Kebangkitan Yesus krisktus adalah berita masa depan. Kebangkitannya memberi kepastian kepada kita untuk menghadapi masa depan. Kebangkitan Yesus memberikan pesan kepada kita bahwa kita tidak perlu kuatir dan ragu dalam menjalani hidup ini.
Kebangkitannya memberi kita keyakinan dan jaminan akan kesalamatan yang kekal dimasa depan.
Oleh karena itu marilah kita janganlah kita sia-siakan keselamatan yang telah kita terima ini karena keselamatan yang kekal itu itu hanya ada di Tangan Yesus kristus.
Mari kita tatap masa depan dengan sangat tegap karena kita memiliki Tuhan yang sudah hidup, seperti yang dikatakan malaikat bahwa “jangan Takut karena IA sudah bangkit”.
Amin                                                                                         

Nama : Gabriella Angelin Saranga’
Kelas  : XII IPA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar